Hitung Masa Subur

Metode penghitungan masa subur merupakan salah satu cara tradisional yang berguna untuk merencanakan kehamilan atau bahkan menghindari kehamilan. Melalui penghitungan masa subur wanita, dapat diketahui perkiraan terjadinya ovulasi atau pengeluaran sel telur oleh indung telur serta perjalanan sel telur menuju rahim. Ketika intensitas frekuensi hubungan makin ditingkatkan pada rentang waktu ini, maka peluang terjadinya kehamilan akan makin besar.

Demikian juga sebaliknya, apabila dalam rentang waktu ini hubungan intim dihindari, maka peluang terjadinya kehamilan akan makin kecil, sehingga mengendalikan kehamilan dengan metode menghitung masa subur ini seringkali dijadikan andalan beberapa pasangan yang enggan menggunakan alat kontrasepsi. Namun demikian terkadang cara menghitung masa subur ini seringkali mengalami kegagalan, terutama bagi mereka yang memiliki siklus menstruasi tidak normal.

 

Menghitung masa subur, tips dan triks

Bagaimana cara menghitung masa subur secara manual? Berikut ini akan disampaikan beberapa tips dan triks cara hitung masa subur sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Hitung. Hitung siklus menstruasi bulanan yang biasanya terjadi. Metode penghitungan siklus menstruasi yaitu dihitung semenjak hari pertama pasca menstruasi berakhir hingga hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Terkadang lama siklus akan bervariasi antara 28 hingga 35 hari. Ambil nilai rata-ratanya.
  • Ambil nilai tengah. Setelah siklus menstruasi berhasil dihitung atau di rata-rata, ambil nilai tengahnya. Misalnya lama siklus menstruasi adalah 28 hari, maka nilai tengahnya adalah 14. Apabila lama siklus 30 hari, maka nilai tengahnya adalah 15 hari.
  • Minus dan plus. Setelah nilai tengah berhasil dihitung, kurangkan dan tambahkan dengan 3 hari. Misal nilai tengah adalah 14, maka setelah dikurangi dan ditambah dengan 3 hari hasilnya adalah 11 dan 17. Hari ke-11 hingga hari ke-17 pasca hari pertama menstruasi berakhir adalah masa subur. Sebagai ilustrasi, siklus menstruasi 30 hari. Hari pertama pasca menstruasi berakhir bulan sebelumnya adalah tanggal 1. Nilai tengah siklus menstruasi adalah 15. Setelah plus minus 3 hari didapatakan rentang 12-18. Tanggal 12 hingga 18 bulan ini adalah masa subur wanita.
  • Lakukan atau hindari. Tambahkan intensitas frekuensi pada masa subur tersebut apabila menginginkan segera terjadi kehamilan atau hindari melakukan hubungan pada masa tersebut apabila tidak menginginkan kehamilan.

Namun demikian, terdapat kelemahan dalam cara menghitung masa subur secara manual ini, yaitu siklus menstruasi yang mungkin berbeda tiap bulannya. Untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam menentukan masa subur, cara paling baik adalah penggunaan metode perubahan lendir serviks atau kenaikan kadar hormon FSH. Kenaikan kadar FSH dalam darah ini dapat terdeteksi dengan menggunakan alat tester masa kesuburan instan yang banyak terdapat di pasaran yaitu dengan mencelupkannya pada air seni. Cara hitung masa subur ini bisa di gunakan untuk anda yang ingin mengetahui tetang cara cara cepat hamil. Semoga bermanfaat.

Tagged with: , ,
Posted in Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Kalender
December 2014
M T W T F S S
« Oct    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Kategori